17 Desember 2010

Meta tag blogger

Sebenarnya Meta tag blogger yang akan kang Rohman terangkan bukanlah meta tag blogger terbaik karena mungkin saja ada meta tag blogger lainnya yang lebih baik dari ini, namun agar sedikit menarik perhatian, judulnya dibuat terbaca bombastis Peace Sign.
Banyak orang mengatakan bahwa memasang meta tag adalah teknik SEO yang telah kuno dan tidak perlu dilakukan lagi. Mungkin itu benar adanya, tapi mungkin juga tidak. Agar tidak simpang siur, mending kita lihat fakta di lapangan.
Disini saya menuliskan keyword Blogspot Tutorial di google.com. Berikut screen-shot yang di dapat: blogspot-tutorial
Hasilnya, blog saya yang berbahsa inggris berada pada urutan pertama (pada saat artikel ini ditulis). Yang ditunjukan pada hasil pencarian tersebut adalah Judul Blog dan deskripsi blog yang tentunya di pasang dengan meta tag deskripsi. Ini memberikan fakta bahwa pemasangan

meta tag masih tetap diperlukan sebagai salah satu penunjang dalam SEO. Menurut keterangan para pakar SEO yang pernah saya baca, deskripsi blog ataupun keyword yang baik adalah setiap halaman harus berbeda, karena apabila halaman satu dan yang lainnya bedeskripsi sama, maka akan dianggap sebagai duplikat deskripsi, dan ini konon sangat tidak disukai oleh search Engine, sebut saja Google. Berangkat dari hal tersebut, saya mencoba membuat meta tag deskripsi blogger serta keyword agar bisa berbeda pada setiap halaman atau istilah kerennya Dynamic Blogger Meta tag. Berikut adalah kode dasar Dynamic Blogger Meta tag :



<b:if cond='data:blog.pageType != &quot;item&quot;'>


<meta expr:content='data:blog.pageTitle + &quot; - deskripsi&quot;' name='description'/> 
<meta expr:content='data:blog.pageTitle + &quot;, keywords&quot;' name='keywords'/> 
<b:else/> 
<meta expr:content='data:blog.pageName + &quot; - deskripsi&quot;' name='description'/> 
<meta expr:content='data:blog.pageName + &quot;, keywords&quot;' name='keywords'/> </b:if>


Contoh nyata penerapan kode tersebut pada blog saya :


<b:if cond='data:blog.pageType != &quot;item&quot;'>
<meta expr:content='data:blog.pageTitle + &quot; - panduan praktis membuat blog di blogspot&quot;' name='description'/>
<meta expr:content='data:blog.pageTitle + &quot;, blog tutorial,blog template,blog spot,blogspot template,blog gratis,tutorial css,magazine template,panduan membuat blog,free download software,magazine template blogger,tutorial blogspot,blog template free&quot;' name='keywords'/>
<b:else/>
<meta expr:content='data:blog.pageName + &quot; - panduan praktis membuat blog di blogspot&quot;' name='description'/>
<meta expr:content='data:blog.pageName + &quot;, blog tutorial,blog template,blog spot,blogspot template,blog gratis,tutorial css,magazine template,panduan membuat blog,free download software,magazine template blogger,tutorial blogspot,blog template free&quot;' name='keywords'/>
</b:if>
 
 







Teknik yang dipakai adalah jika dalam kondisi Home page, untuk deskripsi adalah Judul Blog ditambah dengan deskripsi yang terpasang, untuk keyword adalah Judul Blog di tambah dengan keywords yang terpasang, misal :



Deskripsi : Tutorial blog - panduan praktis membuat blog di blogspot

Keywords: Tutorial blog, blog tutorial,blog template,blog spot,blogspot template,blog gratis,tutorial css,magazine template,panduan membuat blog,free download software,magazine template blogger,tutorial blogspot,blog template free

Sedangkan apabila sedang berada pada single post atau halaman posting, deskrisi yang digunakan adalah judul posting di tambah deskripsi yang terpasang, untuk keyword adalah judul posting di tambah keywords yang terpasang.

Misalkan apabila sedang berada pada halaman posting yang berjudul Fresh Revolution Premium template , maka deskripsi dan keywords yang tercipta adalah seperti berikut :



Deskripsi : Fresh Revolution Premium template - panduan praktis membuat blog di blogspot

Keywords: Fresh Revolution Premium template, blog tutorial,blog template,blog spot,blogspot template,blog gratis,tutorial css,magazine template,panduan membuat blog,free download software,magazine template blogger,tutorial blogspot,blog template free

Ingat bahwa setiap judul posting pastinya akan berbeda antara yang satu dengan yang lainnya, sehingga hasil meta deskripsi pun akan menciptakan deskripsi yang berbeda pula secara otomatis., dan inilah kenapa meta tag ini disebut dengan Dynamic Blogger Meta tag alias Meta tag blogger dinamis Cool

Cara pasangnya gimana? aih ko masih nanya cara pasangnya sih Hee hee

Jika anda ingin menggunakan teknik ini, anda tentunya harus menghapus terlebih dahulu meta tag deskripsi atau meta tag keyword yang telah terpasang sebelumnya di blog anda agar tidak terjadi duplikasi.

Berikut langka-langkah pemasangan Dynamic Blogger Meta tag.




  1. Login ke blogger dengan ID anda.
  2. Klik Rancangan.
  3. Klik tab Edit HTML.
  4. Biasakan untuk melakukan backup, klik pada tulisan Download Template Lengkap.
  5. Agar lebih mudah, cari kode berikut : <b:skin><![CDATA[
  6. Copy paste kode berikut persis diatasnya kode yang tadi :

<b:if cond='data:blog.pageType != &quot;item&quot;'> 
<meta expr:content='data:blog.pageTitle + &quot; - deskripsi&quot;' name='description'/> 
<meta expr:content='data:blog.pageTitle + &quot;, keywords&quot;' name='keywords'/> 
<b:else/> 
<meta expr:content='data:blog.pageName + &quot; - deskripsi&quot;' name='description'/> 
<meta expr:content='data:blog.pageName + &quot;, keywords&quot;' name='keywords'/> </b:if>







  1. Ingat, ganti kata deskripsi dengan deskripsi blog anda sendiri, dan kata keywords dengan keyword atau kata kunci blog anda tentunya.
  2. Klik tombol SIMPAN TEMPLATE.
  3. Selesai.
Apakah teknik ini sudah di uji coba sebelumnya? Jawabannya sudah, yaitu blog ini dan blog saya yang berbahasa inggris selama satu bulan lebih, hasilnya lumayan ada peningkatan jumlah kunjungan. Namun ingat, teknik diatas hanyalah salah satu dari sekian banyak faktor yang menunjang SEO. Jadi jangan terlalu berharap apabila memasang teknik ini, jumlah kunjungan langsung membludak.

0 komentar:

Posting Komentar

Berilah sedikit komentar, demi kemajuan blog ini
NOTE : Komentar jangan pedes-pedes