26 Desember 2010

Memasang webcam di komputer

Perkembangan teknologi memungkinkan orang dapat berkomunikasi sambil melihat lawan bicaranya. Salah satu perangkat yang membantu hal tersebut adalah webcam. Dengan webcam, seseorang bisa berkomunikasi (chatting) sambil melihat lawan chattingnya. Harga sebuah Webcam tidak mahal, mudah untuk digunakan, dan sangat menyenangkan, webcam saat ini telah merubah cara orang-orang berkomunikasi melalui Internet. Webcam adalah kamera-kamera kecil yang dapat dipasang pada bagian atas monitor komputer dan dapat menangkap video serta gambar, kemudian langsung menyimpannya dalam hard drive komputer kita. Berikut adalah cara-cara bagaimana mengubah webcam menjadi peralatan yang sangat berguna bagi kebutuhan rumah atau kantor kita.


Panduan singkat untuk memasang kamera web

Jika kita tidak memiliki keahlian teknis untuk memasang suatu webcam, jangan berputus asa. webcam yang paling populer saat ini memiliki fitur fungsionalitas USB pasang dan gunakan yang mudah, dan semuanya itu hanya membutuhkan beberapa langkah mudah untuk memasang dan mengoperasikan webcam pribadi kita.

Baca petunjuk (buku manual) yang menyertai kamera yang kita beli.
Masukkan disk yang menyertai kamera kita ke dalam komputer. Langkah ini akan meng-install perangkat lunak dan driver kamera secara otomatis. Setelah terinstal, biasanya komputer harus di restart.
Pasang kamera tersebut ke lubang USB yang kosong. Komputer kita akan langsung mendeteksi webcam sebagai perangkat keras baru dan akan mengarahkan pada penyelesaian proses instalasi.
Jika kamera tidak dilengkapi dengan sebuah mikrofon, kita perlu memasang perangkat mikrofon external ke dalam sound card komputer jika ingin menggunakan fasilitas suara.
Dengan menggunakan software yang menyertai kamera tersebut, lakukan pengecekan untuk melihat apakah kameranya dapat berfungsi. Jika kamera tersebut belum bekerja, batalkan instalasi kamera tersebut dan mulai lagi dari awal.
Sebuah gambar bernilai ribuan kata-kata

Apapun kegunaan webcam kita, baik untuk kebutuhan pribadi, usaha atau hanya untuk berkomunikasi dengan teman dan keluarga, kita segera dapat mengetahui betapa banyak kata-kata yang dapat diucapkan saat kita memiliki sebuah gambar untuk melengkapi kata-kata kita. webcam dapat membantu kita untuk tetap merasa dekat, bahkan lebih langsung dan cepat dari komunikasi dengan kata-kata.

Mengirimkan e-mail video

Rekam suara bersama dengan video, kemudian tambahkan musik atau komentar pada pesan, dan kirimkan dalam sebuah email. Dengan beberapa perangkat lunak webcam, kita dapat mengirimkan sebuah klip video atau gambar sebagai sebuah email langsung dari program yang kita gunakan untuk merekam gambar-gambar tersebut. Penerima dapat melihatnya dengan menggunakan salah satu program multimedia yang biasanya telah tersedia pada kebanyakan komputer.

Gambar-gambar dan klip-klip yang terekam dengan menggunakan webcam dapat diputar dengan menggunakan kebanyakan perangkat lunak untuk presentasi, termasuk Microsoft PowerPoint.

Membuat halaman web menjadi lebih menonjol

Gambar-gambar khusus dapat membuat sebuah situs jadi lebih menonjol dari yang lain. Dengan menyertakan gambar-gambar dari webcam, kita dapat membuat halaman situs pribadi menjadi lebih pribadi dengan foto-foto yang secara unik merupakan milik kita.

Situs-situs yang menyediakan tampilan webcam secara langsung telah menjadi tempat yang umum di Internet, menampilkan video langsung mengenai berbagai hal dari kondisi lalu lintas hingga aktivitas di dalam peternakan semut. Walaupun hal tersebut ditujukan untuk menyediakan layanan kepada masyarakat atau hanya sekedar untuk menyenangkan diri sendiri, kemungkinan-kemungkinan yang ada sangatlah tidak terbatas dan termasuk hal-hal berikut ini.

Acara perkiraan cuaca dari tempat tinggal.
Pengawasan terhadap rumah.
Menampilkan perkembangan harian dari suatu proyek.
Mengatur suatu webcam secara langsung tidaklah sulit. Setelah memutuskan di mana akan meletakkan kamera (pastikan hal tersebut tidak bertentangan dengan hukum), kita perlu men-download dan meng-install perangkat lunak sehingga dapat menggunakan kamera kita sebagai webcam untuk siaran langsung. Kita harus mengatur komputer agar dapat menghubungi penyedia jasa Internet hanya pada saat diminta jika kita mengoperasikan webcam dengan menggunakan sebuah modem.

Gunakan webcam untuk melakukan konferensi video

Konferensi video memudahkan kita untuk melakukan pertemuan pada saat yang sama dengan rekan yang berada di daerah yang jauh. Karena konferensi video dapat menyediakan pertukaran informasi secara visual dan audio, hal ini sering kali juga menghilangkan kebutuhan untuk melakukan pertemuan tatap muka, sehingga dapat menghemat waktu, biaya perjalanan, waktu, dan rasa lelah.

Kebanyakan webcam mempunyai standar industri untuk protokol konferensi video lewat Internet pada desktop. Dengan webcam, komputer, dan perangkat lunak konferensi video kita, seperti Microsoft NetMeeting, kita dapat melakukan konferensi video untuk aktivitas seperti rapat, presentasi, pertunjukan, dan masih banyak lagi.
diambil dari http://www.blogster.com/samurai/cara-memasang-webcam-di

0 komentar:

Posting Komentar

Berilah sedikit komentar, demi kemajuan blog ini
NOTE : Komentar jangan pedes-pedes