15 Januari 2013

Mengganti Prosesor sendiri

Cara Mengganti Prosesor Komputer Sendiri

Terkadang, masih ada saja yang menyebabkan terjadinya kerusakan ataupun kinerja yang dirasa lambat, sehingga membuat kinta haruasmengganti prosesor atau mengupgrade prosesor, entah itu karena memang kebutuhan ataupun sudah waktunya di upgrade atau di ganti prosesor itu.

Berikut tips sederhana cara mengganti prosesor komputer sendiri dirumah


Sebelum mengganti prosesor, terlebih dahulu pastinya harus memilih prosesor yang pas untuk menjadi pengganti. Dalam hal prosesor tidak bisa seperti pada harddiks, asalkan sama-sama SATA atau sama-sama IDE bisa langsung di upgrade, sebelum kita ke cara mengganti prosesor komputer sendiri, berikut terlebih dahulu kita coba cara memilih prosesor yang pas untuk menjadi pengganti :

Yang pertama kita harus ketahui terlebih dahulu jenis prosesor apa yang dipakai apakah AMD atau Intel, yang pastinya, untuk mengetahuinya harus secara pelan-pelan membukan casing CPU untuk kemudian langsung membuka prosesornya, biasanya diatas prosesor ada yang namanya kipas pendingin atau fan, buka aja secara perlahan dengan memperhatikan lekukan slot pada bagian bawah, kunci atau lekukan slot pada fan harus terlebih dulu di cari dan dibuka, setelah itu bisa langsung membuka slot di prosesornya,

Buka dengan cara menaikan perlahan tungkainya, di mulai kesamping, kemudian buka dan lihat prosesor apa yang dipakai, selanjutnya tinggal tentukan jenisnya setelah apakah soket atau LGA, perbedaan antara socket dan LGA biasanya teletak pada kaki-kaki halusnya, bia Socket kaki-kaki halus ada pada prosesor artinya bolongan halusnya ada pada mothoerboard sementara LGA sebaliknya, kaki terdapat pada mothorboard dan LGA merupakan generasi baru.

Setelah jenis kesemuanya itu sudah diketahui, pada bagian samping tempat prosesor biasanya tertera tulisan tipenya disitu juga biasanya sudah tertera dengan jelas tipe socket atau lga dan serinya. Setelah mengetahui semuanya, rapikan kembali dan coba masukan dengan perlahan prosesornya, simpan baik-baik dirumah, kemudian bisa langsung menuju ke tempat penjualan komputer, bisa tanya prosesor sejenis itu (ex : beli prosesor p4 soket 478)

Nanti penjaganya juga tau prosesor yang bisa ditaruh sampai berapa kecepatan. pilih yang paling tinggi agar performa tidak mengecewakan jangan lupa juga minta pasta atau gel pendinginnya. Setelah itu inti dari pemasangan atau upgrade prosesor sangatlah mudah, bila kamu sudah melewati prosedur pembongkaran di atas, bisa langsung menyesuaikan seperti pada saat pembukaan, dengan langsung disamakan antara kaki-kaki pada chp atau mhotheboard, dengan prosesor, biasanya ada arah pemasangannya, dan di tahap pemaangan ini lah yang sangat perlahan dan hati-hati, bila masih soket, jangan sampai kaki-kaki pada prosesor atau motherboard bengkonk, yang jelas harus pelan-pelan dan benar-benar pas. itulah sedikit tips mudah cara mengganti prosesor Selamat mencoba..

1 komentar:

Berilah sedikit komentar, demi kemajuan blog ini
NOTE : Komentar jangan pedes-pedes